Petunjuk Penulisan dan Tata Cara Penulisan Jurnal
Posted on: December 29, 2017, by : admpasca

 Petunjuk Penulisan dan Tata Cara Penulisan Jurnal

PROGRAM PASCASARJANA ISI PP

  1. Tulisan belum pernah dipublikasikan sebelumnya oleh Media atau Jurnal manapun, dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Tulisan merupakan hasil penelitian, dengan seni sebagai objek material.
  3. Tulisan ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jumlah kata 5000-6500, termasuk abstrak dan daftar pustaka. Tulisan diketik dengan tipe huruf Cambria ukuran 12, Justify, spasi 1,5 pada kertas ukuran kuarto (Nama pengarang, abstract dan teks menggunakan font 12).
  4. Semua tulisan ditulis dalam bentuk esai dan berisikan:
    1. Judul (Kompherensif dan Jelas. Judul tulisan, judul bagian, dan sub-bagian dicetak tebal. Judul Tulisan menggunakan ukuran font 14. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Judul tidak lebih dari 15 kata.
    2. Nama dan Alamat Penulis tanpa gelar akademik. Alamat penulis ditulis di bawah Nama, berserta asal instansi dan alamat email yang aktif.
    3. Abstract(masing-masing 100-150kata) menggunakan ukuran tulisan 12, spasi 1, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Untuk abstract dilarang menggunakan google translate untuk menghindari kerancuan.
    4. Kata kunci(Keywords)pada Abstract terdiri dari (3-5kata)
    5. PENDAHULUAN memuat: (Latar Belakang Masalah dan Masalah yang dibicarakan).
    6. TINJAUAN PUSTAKA
    7. METODE
    8. PEMBAHASAN
    9. KESIMPULAN (mengemukakan jawaban atas permasalahan yang dijadikan fokus kajian/temuan yang memiliki nilai kemutakhiran),
    10. DAFTAR PUSTAKA, Referensi yang diacu harus dipakai dan tertera pada teks.
    11. Catatan-catatan berupa referensi ditulis secara lengkap sebagai catatan perut (bodynote), sedangkan keterangan penulis yang dirasa penting, seperti makna/arti dari istilah tertentu ditulis sebagai Catatan Belakang (endnote).

Contoh Bodynote: (Graham Bell,) untuk di akhir kalimat, (Bell,: 1997: 23-25) untuk di tengah kalimat.

  1. Kutipan yang lebih dari empat baris, diketik dengan spasi tunggal dan diberi baris baru. Kutipan yang kurang dari dua baris, dituliskan sebagai sambungan kalimat dan dimasukan di dalam teks dengan memakai tanda petik.
  2. Penulis pada Daftar Pustaka sebagai berikut (Chicago Manual Of Style): nama penulis dengan format: nama belakang(,) nama depan(.)Judul buku dicetak miring, (sedangkan judul artikel ditulis di dalam tanda petik yang diikuti dengan judul jurnal, majalah atau buku bunga rampai yang dicetak miring)(.)  Nama kota penerbit(:) Nama Penerbit(.) Tahun terbit(.).Daftar Pustaka ditulis dengan diurutkan secara alfabetis, dan kronologis. Contoh:

Abelard, Peter.(1971) Peter Abelard’s Ethics. Edited and Translated by D.E. Lus-combe. Oxford: Clarendon Press,. (Buku)

Anscombe, G.E.M. (1958)“Modern Moral Philosophy.” Philosophy 33 :1-19. Publications (Artikel)

Benjoseph, John J. (1935) “A Further Study of the Effect of Temperature on Crossing-Over.” American Naturalist 69 : 187-92. (Artikel)

King, Andrew J. (1976) “Law and Land Use in Chicago: A Pre-history of Modern Zoning.” Ph.D. diss., University of Wisconsin. (Tesis/Disertasi)

 

  1. Bilamana tertera tabel, foto atau gambar, maka harus disertai keterangan akan nomor, judul foto, sumber serta tahun pengambilan atau pembuatan. Gambar harus jelas dan mewakili. Penulisan keterangan gambar menggunakan ukuran huruf 11pt.
  2. Tulisan dapat dikirim melalui email (Pascasarjanaisipp@gmail.com) dengan menggunakan pengolah data Microsoft Word, atau sejenis.
  3. Kepastian pemuatan tulisan diberitahukan secara tertulis lewat email atau sms. Tulisan yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan. Bilamana tulisan dicantumkan pada jurnal, maka penulis diwajibkan mentandatangani persetujuan dengan pihak jurnal.
  4. Penulis diharapkanmelakukan revisi tulisan sesuai kehendak mitrabebestari dan redaksi
  5. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan dua eksemplar sebagai nomor bukti pemuatan dan tiga eksemplar cetak lepas.
  6. Redaksi mempunyai kewenangan mengatur waktu penerbitan dan format penulisan sesuai petunjuk penulisan.
  7. Redaksi tidak menanggung isi dari tulisan artikel yang dipublikasikan, tulisan yang dipublikasikan tanggung jawab penulis.

Download disini