Visi Misi

Visi, Misi dan Tujuan

Program Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

 

  1. Visi

Menjadi Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni yang melahirkan insan akademis kreatif, mandiri, berwawasan global yang mampu mepublikasikan karya berlandaskan budaya Melayu tahun 2030”.

Insan Akademis : Mahasiswa sebagai individu akademis dapat dipahami sebagai suatu totalitas dari kehidupan dan kegiatan akademik yang dihayati, dimaknai dandiamalkan oleh warga akademik, di lembaga pendidikan tingggi dan lembaga penelitian.
Kreatif : Kemampuan  dalam  mengungkapkan buah fikiran yang bersifat inovatif dan dapat meningkatkan keberkesanan atau kecakapan kepada apa yang telah ada  melalui kemahiran  imaginasi. Ia melibatkan keupayaan berfikir secara kritikal dan praktikal dengan membuat penilaian secara analitis.
Mandiri : Menciptakan seseorang mampu dan bisa bertanggung jawab sepenuhnya terhadap diri  sendiri  dengan  tidak bergantung pada orang lain. Namun akan memberi manfaat kepada orang banyak.
Berwawasan Global : Suatu proses pendidikan yang dirancang untuk mempersediakan mahasiswa memiliki kemampuan bersifat kompetitif dalam menghadapi perkembangan budaya secara universal.

 

  1. Misi

Untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan, Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan seni budaya Melayu untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan dan kemandirian dengan menjunjung tinggi nilai dasar Pancasila dan moralitas bangsa.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam bidang Seni dan Budaya Melayu.
  3. Melaksanakan pengkajian dan penciptaan seni yang peka terhadap perkembangan  Ilmu Pengetahuan,  Teknologi Seni (IPTEKS).
  4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan diseminasi teknologi seni untuk memecahkan masalah-masalah seni dan budaya yang ada di masyarakat.
  5. Menyelenggarakan pelayanan prima dan manajemen program studi berbasis akreditasi dan optimalisasi pemanfaatan teknologi.
  6. Meningkatkan kerjasama dengan institusi baik lokal, nasional maupun internasional

Rumusan misi Program Studi tersebut disusun berdasarkan misi Institusi. Dengan demikian misi Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni merupakan turunan dari misi lembaga pada dasarnya telah menjalankan misi Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

3. Tujuan

  1. Mewujudkan budaya akademis yang kondusif melalui sistem pendidikan yang bermutu, transparan, dan bertanggungjawab.
  2. Menghasilkan pengkaji dan pencipta seni yang mampu mengembangkan kreatifitas untuk kepentingan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi seni budaya Melayu, berkarakter, dan berdaya saing.
  4. Mengembangkan kerjasama antar lembaga dalam pengembangan seni budaya Melay
  5. Menciptakan akademisi seni yang kompeten dan berjiwa enterpreneuship.
  6. Melaksanakan sistem pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
  7. Menciptakan kreatifitas seni yang berdampak pada pengembangan seni budaya Melayu secara luas.
  8. Mewujudkan terlaksananya kerjasama antar lembaga dalam pengembangan seni budaya Melayu.

 

 

Download disini